Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa organik yang mengandung unsur-unsur C, H, dan O. Karbohidrat disebut juga dengan zat arang atau pati. Didalam tubuh karbohidrat dibakar untuk menghasilkan panas dan tenaga. Setiap 1 gram karbohidrat akan menghasilkan 4 kalori. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang lebih banyak daripada zat lain. Setiap orang membutuhkan 5-8 gram karbohidrat per kg berat badannya.

Jenis - jenis karbohidrat

  1. Monosakarida (karbohidrat yang paling sederhana susunan molekulnya atau molekul terkecil dari karbohidrat) monosakarida terdiri dari glukosa, fruktosa dan galaktosa.
  2. Disakarida (karbohidrat yang mengandung dua molekul gula sederhana sebagai penggabungan dari dua macam molekul monosakarida) disakarida terdiri dari sukrosa,maltosa dan laktosa.
  3. Polisakarida (merupakan gabungan beberapa molekul monosakarida, gabungan 3-6 molekul monosakarida disebut oligosakarida dan gabungan lebih dari 6 molekul monosakarida disebut polisakarida) polisakarida terdiri dari pati, glikogen, dan serat/selulosa.
Fungsi dari karbohidrat :
  • Menghasilkan energi
  • Cadangan tenaga bagi tubuh
  • Memberi rasa kenyang
Gangguan akibat kekurangan dan kelebihan karbohidrat

  • Obesitas (kegemukan)
   Obesitas disebabkan oleh ketidakseimbangan antara konsumsi kalori yang berlebihan dibandingkan dengan kebutuhan atau pemakaian energi.
  • Diabetes Melitus
   Diabetes melitus disebut juga penyakit gula atau penyakit kencing manis yaitu penyakit yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah akibat kurangnya produksi hormon insulin yang diperlukan dalam proses pengubahan gula menjadi tenaga serta sintetis lemak.
  • Lactose Intolerence
    Penyakit lactose intolerence merupakan gangguan yang diakibatkan kurangnya enzim laktase sehingga laktosa tidak dapat dipecah menjadi glukosa dan galaktosa.
  • Galaktosemia
     Galaktosemia disebabkan oleh kekurangan salah satu enzim yang diperlukan untuk melakukan metabolisme galaktosa.
  • Penyakit Kurang Kalori dan Protein (KKP)
     Penyakit ini terjadi karena ketidakseimbangan antara konsumsi kalori atau karbohidrat dan protein dengan kebutuhan energi sehingga menyebabkan terjadinya defisiensi (kekurangan) energi dan protein. KKP dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu KKP ringan atau gizi kurang dan KKP berat (gizi buruk) atau sering disebut dengan marasmus.

Postingan populer dari blog ini

Menu seimbang bayi dan balita (Part 2)

Menu Seimbang Dewasa

Menu seimbang bayi dan balita