Menu Seimbang Dewasa


Kategori dewasa berada dalam rentang usia 19-50 tahun. Pada masa ini hanya terjadi sedikit pertumbuhan tinggi badan. Pada usia ini makanan tetap diperlukan untuk untuk memenuhi aktifitas fisik, proses metabolisme tubuh, dan menjaga keseimbangan tubuh agar tetap sehat. kebutuhan gizi dewasa dipengaruhi oleh jenis aktivitas fisik yang dilakukan, yaitu aktivitas ringan, seperti kerja kantor; aktivitas sedang seperti pelajar, ibu rumah tangga, guru, dan sopir; serta aktivitas berat seperti pelaut, buruh dan atlet.

Kebutuhan Energi Usia Dewasa

Untuk menjaga asupan nutrisi yang baik bagi kesehatan, kita harus mengetahui tingkat energi yang dibutuhkan bagi usia dewasa. Kebutuhan energi usia dewasa adalah

  • Kelompok Usia 19-29 tahun
Laki-laki, kecukupan energinya 2500 kkal
Perempuan, kecukupan energinya 1900 kkal
  • Kelompok Usia 30-49 tahun
Laki-laki, kecukupan energinya 2350 kkal
Perempuan, kecukupan energinya 1800 kkal

Angka Kecukupan Gizi Usia Dewasa

Gizi untuk usia dewasa mengutamakan pentingnya makanan untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit, dan menghambat perkembangan penyakit degeneratif (penyakit yang mengiringi proses penuaan). Cara yang dapat mengoptimalkan kesehatan gizi jangka panjang adalah dengan menerapkan pola makan seimbang, beraneka macam ragam, rendah lemak terutama lemak jenuh, mengutamakan makanan sumber protein dari ikan dan kacang kacangan, banyak mengkonsumsi sayuran dan buah buahan, serta mengurangi garam dan gula.


Menyusun Menu Seimbang Dewasa
 
Disarankan memperbanyak konsumsi makanan berserat. Serat ini banyak ditemukan dalam buah buahan, sayuran, dan kacang kacangan. Serat berguna untuk membantu kelancaran proses pencernaan. Kurangi makanan berlemak hindari makananyang mengandung lemak jenuh. Mulailah mengonsumsi susu rendah lemak dan makanan seperti kedelai.

Contoh menu lengkap dalam sehari
Pagi             : Roti gandum isi telur dadar, susu, jus jeruk
Pukul 10.00 : Pisang
Siang           : Nasi, rica rica ikan, tempe bumbu kuning, cah sawi dan wortel, pepaya
Pukul 16.00 : Bubur kacang hijau
Malam         : Nasi, ayam panggang kecap, oseng-oseng tempe tahu, sop sayur, semangka

 
                                                                                                                Sumber : Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi


Postingan populer dari blog ini

Menu seimbang bayi dan balita (Part 2)

Menu seimbang bayi dan balita